Minggu, 30 April 2017

Rekomendasi Untuk Anda × +

6 Tips Bangun Malam Hari


Halo akhi, ukhti! Sebagai seorang muslim tentunya kita berkewajiban menjalankan sholat subuh. mungkin sholat subuh sudah biasa kita kerjakan ya, ya karena wajib jadi ga boleh kita tinggalin. Namun ada sobat yang merasa terpanggil jiwanya untuk melaksanakan sholat nawafil yang satu ini.

Ya, benar sholat tahajjud. sholat ini dikerjakan setelah bangun tidur. Tapi ngantuk banget nih, seharian kecapean, malam waktunya istirahat kok harus bangun buat sholat tahajud. yang wajib kan sholat subuh. Entar sekolahnya, kerjanya ngantuk.

Kali ini ada beberapa tips buat Antum supaya mudah bangun malam buat tahajud :

1. Niat


Ini yang terpenting. Niatkan dalam hati sebelum tidur, bahwa nanti malam harus bangun tahajud. Insyaallah kalau niat kita sunnguh dan dari hati kita bener-bener pengen insyaallah deh bakalan terbangun malam hari. Kalau belum bangun minimal kita sudah mendapat pahala. Masyaallah, Islam itu indah sekali!

2. Hindari Aktivitas Tidak Produktif


Nah, akhi, ukhti.. Zaman gadget sekarang ini siapa sih yang gak kenal internet, apalagi sosmed. Tiap hari kita mantengin hp terus buat bikin status galau. atau baca status galau temen kita. Stop! buat apa sih kita lakukan itu? sekali lagi kurangi ya. Sangat rugi kalau kita lakukan itu sampai-sampai tidur kemalaman dan akhirnya ga bisa bangun malam deh. pakai internet boleh sih, asal yang wajar-wajar saja.

3. Berdo'a Sebelum dan Bangun Tidur


Kalau masalah ini mungkin kita sudah diajarkan sedari kecil. Kita udah diingetin sama orangtua dan guru kita. Jadi ga usah dibahas ya...

4. Over Alarm


Kalau tips ini kebetulan dapat dari temen sendiri. Gimana caranya supaya bisa bangun? kita akan manfaatkan hp kita yang canggih. Ya inilah salah satu manfaat positif.

Kita manfaatkan fitur alarm yang ada pada hp. kita setting 5 Kali alarm. Banyak banget sih? dengerin dulu deh tipsnya. Jadi kita setting alarm sebanyak 5 kali fungsinya untuk...

Akhi, ukhti.. kalau memang ga bisa langsung bangun. Saat alarm pertama bunyi mungkin respon kita adalah bangun lihat hp lalu ngucapin "masih jam segini, bentar lagi ah" lalu dimatikan. Bener ga? kalau kita ulangi sampai alam ke 4. Insyaallah alarm ke 5 kita udah bisa bangun. ya anggap aja alarm sebelumnya buat pemanasan. :) Tips ini biasa dilakukan teman saya. Bahkan sampai 10 x alarm.

5. Ingatlah 3 Ikatan Syaitan


Ada sebua hadist

يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

“Ketika kalian tidur, syetan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi satu ikatan berikutnya. Kemudian jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas.” (HR. Al Bukhari)
jadi.... setelah baca hadis tsb. Jangan ragu utk melepaskan ikatannya ya.. Bangun, Dzikir, Wudhu, Sholat.
6. Hindari Maksiat
Maksiat menghalangimu untuk bangun malam. Yuk koreksi diri...
Semoga 6 tips tersebut bermanfaat. Kalau kita sudah terbiasa lama-lama akan bangun dengan sendirinya.
Jazakumullah Khair

Semoga konten kami bermanfaat
EmoticonEmoticon